09 October 2009

Beberapa Aplikasi Yang Memakai Antarmuka Berbasis 3D

Dalam sistem interaksi, terdapat beberapa bidang aplikasi yang memang membutuhkan unsur full 3 dimensi murni untuk sistem antarmukanya. Di sini hanya disebutkan beberapa bidang saja yang cukup dikenal. Beberapa bidang aplikasi tersebut antara lain adalah bidang medis, scientific visualization, dan arsitektur.

BIDANG MEDIS
3D Electrophysiology(EP)
Antarmuka pada sistem ini dirancang untuk memungkinkan dokter untuk memanipulasi kateter* dari jarak jauh dengan lebih akurat karena 3D antarmuka di sini menyediakan informasi mengenai posisi kateter yang sebenarnya di dalam tubuh pasien. Fitur-fitur ini diharapkan dapat membuat prosedur EP kompleks lebih efisien dengan memungkinkan dokter untuk beroperasi dengan navigasi dan pemetaan 3D lingkungan dengan robot kontrol berdasarkan penempatan kateter di lokasi tertentu.

Berikut adalah gambar kateter :

Sumber: http://www.ipej.org/0604/thornton4.jpg

Dan berikut adalah tampilan salah satu antarmuka aplikasi yang terintegrasi dengan kateter tersebut :

Sumber : http://www.ipej.org/0604/thornton6.jpg

*Kateter adalah selang kecil kira-kira dengan ukuran diameter 2 mm yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia (tergantung kasus) dan digunakan untuk kateterisasi. Yang dimaksud dengan kateterisasi adalah salah satu cara pemeriksaan untuk menunjukan atau menentukan ada tidaknya kerusakan pada bagian dalam tubuh yang diamati dengan memasukkan kateter tersebut ke dalam bagian tubuh tersebut.


BIDANG SCIENTIFIC VISUALIZATION
BrainSuite
BrainSuite adalah paket analisis gambar alat yang dirancang untuk memproses gambar resonansi magnetik (MRI) dari kepala manusia. BrainSuite menyediakan urutan otomatis untuk mengekstrak genus-nol permukaan kortikal model mesh dari gambar resonansi magnetic dan juga menyediakan seperangkat tools untuk menjelajah dan melihat model otak serta data tampilan permukaan otak.

Berikut adalah salah satu tampilan antarmuka dari BrainSuite

Sumber :
http://www.scienceprog.com/wp-content/uploads/2007i/Brainsuite/brainsuite_snapshot.jpg


BIDANG ARSITEKTUR
Difilter dari :
http://www.speedytown.com/kimyong/index.php/2009/09/11/software-khusus-arsitek-perancang-bangunan-3d-asilefx-lwcad/

AsileFX LWCAD
AsileFX LWCAD adalah aplikasi yang digunakan untuk mendalami bidang arsitektur. AsileFX LWCAD mempunyai toolset untuk membangun apartemen dan gedung-gedung, bangunan mulai dari lantai dasar sampai dengan ruangan-ruangan di dalamnya dengan mudah. Intinya adalah program software ini amat dibutuhkan oleh arsitek yang ingin belajar arsitektur melalui program arsitektur 3D dengan tool-tool yang sangat lengkap.
Selain itu, AsileFX LWCAD dilengkapi dengan pengajaran-pengajaran kelas dunia dalam satu paket. Jadi dengan software dan tutorial tersebut kita tidak menjadi buta dan diberikan hanya teori, tapi ada studi bagus dari ahli arsitektur kelas dunia yang dibawakan oleh Nicholas Pellegrino. Kamu dapat merancang dari kamar ke kamar, ruangan per ruangan, tingkat per tingkat sampai dengan secara keseluruhannya.

Berikut adalah salah satu tampilan antarmukanya :

Sumber:
http://img168.imageshack.us/img168/633/asilefxlightwave3dv9lwcaa5.jpg


No comments:

Post a Comment