05 November 2008

Membuat Model 3D Text di DAZ Bryce 5.5 ( Versi Bahasa Indonesia)


DAZ Bryce 5.5 merupakan salah satu program 3 dimensi yang mempunyai aplikasi seperti program 3D lainnya, tetapi program ini lebih cendrung terfokus kepada modeling landscape.


Walaupun program ini terfokus kepada modeling landscape, program ini juga bisa menghasilkan objek text.

DAZ Bryce 5.5 memang tidak menyediakan aplikasi model text secara langsung, tetapi dengan objek bantuan yang ada di dalamnya, kita bisa menghasilkan objek text secara tidak langsung.

Prinsipnya kita harus menyediakan text yang akan kita buat bentuk 3 dimensinya dalam bentuk gambar atau 2 dimensi. Oleh karena itu, kita harus memerlukan aplikasi pengolah gambar untuk membuat text-nya dalam bentuk 2 dimensi seperti Adobe Photoshop, Paint, CorelDraw, dll.

Di bawah ini adalah interface dari DAZ Bryce 5.5.


Berikut ini adalah langkah-langkahnya :
1. Siapkan text dalam bentuk 2D dari aplikasi pengolah gambar lainnya seperti yang telah disebutkan di atas.
Catatan :
Usahakan text 2D yang Anda siapkan berwarna putih sedangkan warna background yang mengiringinya berwarna hitam. Agar lebih jelas, perhatikan contoh text 2D di bawah ini:

2.Anda simpan text tersebut dengan tipe format bmp.
3.Anda jalankan program DAZ Bryce 5.5.
4.Setelah muncul interface-nya, Anda pilih Tool Palettes “Create” pada bagian atas interface.

5.Setelah Anda memilih “Create”, Anda pilih “Symmetrical Lattice” pada palett tersebut.

6.Akan muncul objek di lembar kerja dan Anda double klik objek tersebut.
7.Setelah itu, Anda akan melihat sebuah terrain editor. Di sinilah Anda akan mengedit objek Lattice yang tidak beraturan tersebut menjadi sebuah text yang teratur.
Di bawah ini adalah tampilan dari terrain editor.

8.Kemudian, Anda pilih New pada tab Elevation pada sub menu Editing Tools.
9.Akan terlihat tampilan di Terrain Canvas menjadi kosong. Lalu, Anda pilih tab Pictures pad sub menu Editing Tools.
10.Akan terlihat tampilan seperti gambar di bawah ini:

Lalu Anda pilih Load pada bagian paling kiri, setelah itu Anda pilih Copy pada bagian paling kiri dan Anda pilih Paste pada bagian paling kanan, kemudian Anda pilih Apply pada bagian pojok kanan bawah.
11.Pada 3D Preview, Anda akan melihat objek Lattice berubah bentuk menjadi objek text, tetapi bentuknya kurang sempurna dan lebih tebal. Oleh karena itu, Anda fokuskan kerja Anda sekarang pada bagian Terrain Canvas dan Anda geser Slider di bagian paling kanan Terrain Canvas menjadi seperti gambar di bawah ini.

12.Setelah itu, Anda pilih tanda panah pada bagian atas Terrain Canvas, lalu Anda pilih Solid. Perhatikan gambar di bawah ini.

13.Kemudian Anda pilih tanda pada bagian pojok kanan bawah.
14.Lalu Anda akan kembali ke lembar kerja pada interface awal dan Anda akan melihat objek Lattice berubah menjadi objek text. Setelah itu Anda posisikan objek tersebut dengan bantuan Edit pada Tool Palettes dan juga dengan menggunakan bantuan Camera Controls pada bagian kiri interface. Tujuannya adalah agar objek yang dihasilkan akan tampak jelas apabila dirender. Apabila point tersebut sudah dilakukan, Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.

15.Setelah model yang dibuat dianggap pas, Anda render tampilannya dengan menggunakan Render Controls di bagian bawah Camera Controls. Setelah itu Anda akan melihat tampilan objek tersebut seperti gambar di bawah ini.

Apabila Anda berani mencoba-coba program ini dengan menggunakan pemberian material pada objek text dan penambahan objek lainnya seperti Water Plane, Terrain, Stone, dan lain-lain, Anda akan melihat hasil tampilannya seperti gambar di bawah ini.


No comments:

Post a Comment