06 November 2008

Mari Berkenalan dengan Carrara



Carrara adalah salah satu program software 3 dimensi yang mampu membuat berbagai macam ilustrasi 3 dimensi, animasi, dan pembuatan Web dalam 6 langkah mudah, antara lain :


1.Membuat sebuah layar gambar menggunakan objek primitif ( cube, sphere, plane, circle, line )
2.Membuat dan membangun sebuah objek 3 dimensi yang ada dikehidupan sehari-hari dengan metode easy-to-use, dengan tools modeling yang ada di program ini
3.menggunakan warna-warna dan tekstur-tekstur kedalam objek untuk menjadikan objek tersebut tampil seperti aslinya seperti Transparency (transparan) dan reflection (pantulan)
4.Pencahayaan untuk menampilkan kesan nyata dan dalam
5.membuat animasi kedalam layar
6.merender layar, animasi, atau hasil Web dengan Carrara’s powerful ray-tracing engine untuk menghasilkan hasil yang luar biasa.

Carrara berbeda dengan software 3 dimensi lainnya. Yang membedakannya adalah Carrara menyediakan ruang-ruang yang berbeda dalam pengerjaan model. Tiap ruang memiliki fokus dalam mendesain bagian-bagian model. Anda tidak perlu menggunakan banyak aplikasi software untuk membuat kualitas gambar dan animasi profesional.

 Assemble : Assemble adalah ruang yang berguna untuk Anda untuk meletakkan objek, pencahayaan, dan kamera, dan menambahkan efek-efek kedalam layar. Kebanyakan Anda akan bekerja dalam ruang ini. Dalam penambahannya dalam peletakkan objek Anda dapat meletakkan objek dimana saja didalam layar

Storyboard : Storyboard adalah ruang yang terdiri dari banyak frame fiflam layar sehingga Anda dapat dengan mudah membuat dan melihat perubahan setiap waktu. Banyak tool-tool dari Assemble room terdapt disini, jadi Anda dapat memainkan banyak tugas yang sama di ruang ini.

Model : Model adalah ruang dimana Anda dapat membuat objekmu sendiri : dilengkapi dengan model-model yang berbeda untuk tipe objek yang berbeda. Model-model itu meliputi Spline, Vertex, Metaball, dan Text.

Texture : Texture adalah ruang dimana Anda dapat membuat, mengedit, dan melakukan shader kesemua atau sebagian sebuah objek

Render : Render adalah ruang dimana Anda dapat mensetting render sebuah gambar atau animasi.

Pada dasarnya dalam pengerjaan sebuah objek atau animasi 3 dimensi Anda akan mulai dalam ruang Assemble dengan meletakkan sebuah objek primitif kedalam layar, kemudian mengedit objek tersebut menjadi objek yang tepat.

Jika Anda telah mampu membuat sebuah animasi, Anda dapat menganimasikan layar anda dengan menggunakan ruang Storyboard. Ketika menggunakan ruang Storyboard, dalam waktu yang sama Anda dapat membuat animasi dan membuat objek lain. Jika Anda sedang membuat sebuah animasi, Anda dapat pula menggunakan sebuah rangkaian untuk menganimasikan sebuah objek dan melakukan perubahan bentuk atau fisik yang mempengaruhi jalannya animasi.Kemudian Anda dapat menambahkan shader di ruang Texture dan kembali ke ruang Assemble untuk melakukan perubahan dan pencahayaan. Anda dapat memposisikan kamera, menambahkan penambahan kamera jika diperlukan, atau Anda dapat melihat hasil langsung dari kamera tersebut.


1 comment:

  1. Bagaimana membuat ukuran dimensi pada obyek/ model 3D yg dibuat tsb?.
    Terimakasih

    ReplyDelete